Tips Membuat Ban Truk Ceper Pada Euro Truck Simulator 2



Haniqbal.com - Pemain Euro Truck Simulator 2 (ETS 2) tentu tidak asing dengan apa yang namanya mod. Ya, SCS selaku pengembang game simulasi ini memberikan kita keleluasaan untuk berekspresi melalui mod, file yang kita tanamkan pada game.

Dengan mod, memainkan game ETS 2 membuat kita tidak bosan karena kita bisa mengubah apapun seperti mengganti truk, menambah aksesoris truk, mengubah fisik truk, mengganti cargo, maps dst.

Kali ini saya mau berbagi tutorial bagaimana mengubah bentuk fisik truk dengan fokus mengubah bentuk ban truk menjadi lebih ceper atau rendah.

Pada dasarnya membuat ban truk menjadi ceper itu memodifikasi file def.scs pada chassis dan physics.

Chassis itu gampangnya adalah kerangka dasar dari kendaraan bang. Fungsinya untuk menyokong bagian-bagian tertentu hingga terbentuknya sebuah kendaraan. Ya bila diibaratkan chassis itu: tulang manusia. Sementara Physics, pasti kita tahu ini adalah fisik, fisik kendaraan (truk).

Saya ingin melakukan ujicoba dengan mengambil dan mengekstrak file bawaan def.scs yang letaknya di: \C - Local Disk C - Program Files - Euro Truck Simulator 2 - def.scs

> Cara mengekstraknya bisa baca disini: Tutorial Membuka File SCS

> Jika sudah kamu ekstract, kamu ambil file physics.sii di folder def - vehicle dan chassis di folder def - vehicle - truck - [disitu ada banyak model truck, ambi yang ingin kamu ganti. Disini saya memilih scania.screamline] - chassis

Di folder chassis ada file : 4x2.sii, 6x2.sii, 6.2_midlift.sii, 6.2a.sii, 6x2a_taglift.sii dan 6x4-4.sii. Berhubung saya menggunakan truk enam roda dengan penggerak 4 roda maka saya ambil 6x4-4.sii

Tips Ceperkan Truk pada ETS 2

> Ikuti instruksi berikut: pertama, pada file 6x4-4.sii, kamu buka menggunakan notepad dan cari:

residual_travel[]: 0.12 # 1st axle ----> Ban depan
residual_travel[]: 0.08 # 2nd axle-----> Ban Tengah
residual_travel[]: -0.12 # 3rd axle-----> Ban Belakang

> Kemudian kamu setting menjadi 0.08 semuanya biar mentul-mentul dan ceper, semakin kebawah semakin mantap.
> Instruksi kedua, buka file physics.sii dengan menggunakan Notepad lalu kamu cari seperti ini:

damping_scaling_front: 2.3
damping_scaling_rear: 3.3

> Kamu setting lebih rendah, misal: 2.0 dan 3.0, kemudian kamu save.

> Selanjutnya, kamu buat beberapa folder baru untuk menempatkan kedua file tersebut. Kamu buat folder: def, vehicle, truck, scania.screamline (jika kamu edit truk Scania Sceamline) dan chassis

> Lalu urutkan seperti ini: didalam folder def masukkan folder vehicle dan didalam folder vehicle masukan folder truck dan didalam folder truck masukan folder scania.streamline dan folder chassis didalam folder scania.streamline.

> Jika sudah kamu urutkan, copy file yang kamu ubah tadi: file physics.sii di dalam folder def - vehicle dan file 6x4-4.sii di dalam folder: def - vehicle - truck - scania.streamline - chassis.

> Kamu download file ini untuk membuat file.zip: Download

> Jika sudah kamu download, buka menggunakan WinRAR (di dalamnya kosong tidak ada apa-apa), kamu drag folder def tadi ke dalam WinRAR.

> Kemudian namai file.zip tersebut terserah kamu. Misal Ceper.zip

> Jika sudah, copy-paste file Ceper.zip ke dalam folder mod di: Documents - Euro Truck Simulator 2 - mod

> Buka game ETS 2 kamu, sebelum meload save-save-anmu, kamu aktifkan dulu mod Ceper.zip di menu Mod Manager


> Kemudian kamu mainkan. Selesai

Sekian untuk tutorial membuat ban truk ETS 2 menjadi ceper. Semoga berhasil.

You Might Also Like:

Tampilkan Komentar

Disqus Comments