Cara Mengenali Penyebab Error/Crash Pada ETS 2



Haniqbal.com - Mengalami masalah atau error dalam memasang mod di game Euro Truck Simulator 2 adalah bagian dari takdir permainan, karena menggunakan mod di ETS 2 tanpa mengalami crash rasanya kurang afdol.

Memasang mod pada ETS 2 sangat menyenangkan apalagi game simulator yang menurut saya terbaik dalam hal grafis dan spesifikasi ini memudahkan para pemain untuk berkreasi karena memang sang developer (SSC) game ini membebaskan para pemainnya menggunakan mod. Kamu mau mengganti truk, maps, cargo, gandengan bahkan mengubah trafik, cuaca dll bisa. Apapun bisa, selagi daya imajinatif kamu masih ada.

Namun masalahnya setiap kita memasang mod, seringkali kita mengalami error. Setiap memasang mod dan ketika kita me-load ETS2 nya gagal (crash). Hal ini ada beberapa penyebab mengapa ETS 2 error.

Penyebab ETS 2 Error/Crash

  1. Bisa saja karena VGA dan memory PC kamu yang terlalu rendah sehingga untuk me-load mod tidak kuat, akhirnya crash.
  2. Mod kamu bentrok, yang biasanya terjadi pada mod traffic atau mod yang mengganti truk yang sama. Misal mod A menganti Scania Screamline, lalu kamu memasang mod baru, mod B yang mana mod tersebu juga mengganti Scania Screamline.
  3. Kamu memasang mod tidak menyesuaikan versi ETS yang kamu pakai. Misal dalam keterangan mod yang kamu download terdapat informasi jika mod tersebut kompatible dengan ETS tertentu, contoh: versi 26 keatas. Nah, jika kamu memaksakan, crash atau error pasti terjadi.

Cara Mengenali Error pada ETS 2


Kamu bisa mengenali penyebab ETS 2 mengalami bisa mengikuti cara ini:
  • Buka Folder: Documents / Euro Truck Simulator 2 
  • Buka file game.log.txt menggunakan notepad
  • Disitu akan nampak apa masalahnya dari mod yang saya gunakan.

Untuk contoh kasus yang saya alami, misal:


Saya membuat chasis truck Scania saya lebih rendah (ceper) dengan membuat mod sendiri dengan memodiikasi file bawaan dengan mengekstrak file def.scs. Disana saya hanya merubah isi file physics.sii agar lebih smooth dan chasis 6x4-4.sii untuk merendahkan body truk.

Pada saat saya pasang, mod berhasil di-load tapi hanya berefek pada suspensi yang lebih soft, dan chasisnya masih sama, alias tidak merendah. Entah bagaimana memperbaikinya tapi dalam game.log.txt disebutkan file mod buatan saya kurang file manifest.sii dan mod saya tidak bisa di mount (dimuat).

Biasanya jika game eror atau close program, tertulis 'ERROR' pada GameLog. Berhubung mod saya normal, hanya tertulis WARNING

Sekian. Semoga dengan ini kamu mengetahui apa yang menjadi alasan kenapa game ETS 2 crash. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Tampilkan Komentar

Disqus Comments