Cara Cek Riwayat Copy-Paste (Clipboard) di PC Tanpa Aplikasi



Haniqbal.com - Pernahkah kamu melakukan copy teks namun lupa kamu paste dan kamu sudah berada pada posisi melakukan copy teks lain (overwrite)? Jika iya, pasti perasaan kamu kesal karena tidak bisa mendapatkan kembali teks pertama yang kamu salin, benar begitu?

Hal itu dialami saya sendiri, yaitu pada saat mengetik teks yang saya namai (1) ini, lalu kemudian saya copy-hapus (CTRL + X), dan disaat bersamaan saya menemukan teks lain atau yang saya namai (2) dan saya copy (CTRL + C). Sayang seribu sayang, saya sebenarnya menginginkan dua teks (1) dan (2) berdampingan alias dijadikan satu tapi apa daya saya tidak tahu cara agar bisa mengembalikan teks (1) mengingat jika saya tekan (CTRL + P) yang muncul hanya teks (2).

Lalu adakah cara agar kita bisa melihat riwayat (history) copy-an teks (1)? Jawabannya, tentu bisa. "Lah kok tahu? Iya dong, wong saya cari tahu, haha."

Pada dasarnya, pada saat kamu melakukan proses menyalin (copy) kata, kalimat atau artikel yang panjang baik itu dilakukan ketika kamu tengah membuka aplikasi seperti Microsoft Office atau pada saat browsing di internet, maka teks yang kamu copy tersebut masuk atau terbaca di Clipboard.

Clipboard adalah area virtual untuk merekam riwayat apa yang kamu salin (copy) baik itu huruf, icon, clip art dll. Tapi dibutuhkan keahlian khusus agar kamu bisa melihat riwayat item tertentu, karena setiap kamu copy sebuah kalimat, maka disaat kamu mau melakukan paste, maka yang keluar adalah yang terakhir kamu copy bukan yang sebelumnya.

Dan untuk melihat riwayat copy-an sebelumnya sangatlah mudah, mungkin sebagian orang ada yang menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti ClipDiary, namun ada cara yang lebih mudah tanpa menggunakan aplikasi yakni dengan Microsoft Word.

Cara Cek Riwayat Clipboard Lewat Microsoft Word

> Buka Microsoft Word. Disini saya menggunakan Office 2016. Lalu kamu klik pada bagian ini: Clipboard hingga muncul seperti ini:



> Contoh kasus gini saja, saya tengah menulis tweet seperti ini, kemudian saya cut (CTRL + X).


> Saya menulis teks lain seperti ini dan telah saya copy (CTRL + C). Jadi otomatis menindih copy-an teks pertama kan?:


> Nah, untuk mengembalikan teks pertama yang saya cut, kamu tinggal cek di MS. Word di Clipboard. Nah disitu, teks pertama akan muncul.


Selesai. Begitu caranya mengecek riwayat copy-paste (clipboard) di PC tanpa aplikasi, semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Tampilkan Komentar

Disqus Comments