-->

Wow! Potensi 'Delay' Penerbangan Bisa Didetekksi Melalui Google



Haniqbal.com - Flights, salah satu fitur baru Google telah hadir di Indonesia secara resmi. Layanan ini akan memudahkan para netizen untuk mengkomparasi sekaligus bisa memesan tiket penerbangan dengan mudah melalui ponsel, tablet atau komputer mereka.

Google Flights bisa diakses di: google.co.id/flights | Untuk memanjakan para netizen (calon penumpang pesawat), Google Flights selalu diperbaharui, dan kali ini dalam mesin pencarian Google, penumpang sekarang bisa mendeteksi penundaan atau 'delay' penerbangan. Dengan demikan kita bisa mempersiapkan diri dan mental lebih baik jika suatu saat mengalami kondisi yang tidak mengenakan tersebut.

Fitur tersebut tentu akan bermanfaat bagi kita yang sering menggunakan maskapai di Indonesia yang kerap delay-nya. Kita bisa menyebut Indonesia Air Asia X menjadi salah satu yang yang paling sering delay, hal itu seperti apa yang dilaporkan oleh BBC melalui analisa OAG (Perusahaan Analisis Perjalanan di Inggris) (11/01) bahwa tingkat OTP (on-time performance) Air Asia X hanya 56.8% atau lima terbawah secara global.

Bandara-bandara besar di Indonesia mayoritas sudah padat, jika ada satu maskapai yang menyebabkan keterlambatan penerbangan, maka untuk mau terbang lagi menjadi lama. Kapasitas landasan yang terbatas seperti di Jakarta, Surabaya dan Denpasar mayoritas penuh dan jika digabung bisa mewakili 75% penerbangan di hari tersebut. Dan apabila terjadi keterlambatan, dampak lanjutannya sudah pasti menjalar-jalar.

Google Flights dalam mendeteksi penerbangan, informasi delay tak berasal dari maskapai penerbangan. Google Flights menganalisanya sendiri menggunakan rekam jejak dan algoritma machine learning yang canggih. Google sesumbar bahwa informasi delay yang mereka berikan dalam search engine Google lebih cepat ketimbang informasi delay dari maskapai yang bersangkutan.

Namun untuk mengetahuinya, informasi delay bakal diberikan jika Google sudah yakin 80 persen atas prediksinya.

Lalu bagaimana cara mengetahui jadwal delay penerbangan di Google Flights? Cukup mudah, kamu cukup memasukkan nomor penerbangan, nama maskapai, dan rute perjalanan (dari mana ke mana) pada mesin pencari Google. Informasi delay akan muncul pada hasil pencarian.



Jika jadwal diprediksi tepat waktu, antarmuka menampilkan label berwarna hijau. Sementara jika delay berwarna merah. Pun alasan penyebab delay juga terakomodasi pada Google Flights, sehingga kita tahu apa biang keterlambatan penerbangan seperti faktor cuaca atau kedatangan pesawat yang tak sesuai jadwal.

Akan tetapi yang musti digarisbawahi adalah prediksi Google bisa saja salah. Google Flights tak bisa dijadikan rujukan satu-satunya sebelum maskapai yang bersangkutan benar-benar mengonfirmasi penundaan.

Selain fitur memudahkan kita untuk mengetahui informasi delay, Google Flights juga diperbarui dengan fitur informasi mendalam soal tiket yang dibeli, seperti tiket murah yang mana Google Flights bisa menampilkan batasan-batasan terkait tiket murah yang Anda beli. Misalnya, batasan dalam memilih tempat duduk, biaya tambahan untuk bagasi, dll.

Selamar mencoba! Dan semoga artikel ini bermanfaat

Referensi: BBC, TechChrunch

You Might Also Like:

Tampilkan Komentar

Disqus Comments