Apa Itu Instagram Business? Berikut Penjelasan & Cara Membuatnya



Haniqbal.com - Lebih dari 500 juta akun Instagram aktif, 300 juta akun menggunakan Insta Stories dalam sehari dll. Ini membuktikan betapa besar dan menggiurkannya Instagram bagi pelaku bisnis untuk memamerkan dagangannya.

Keberadaan Instagram yang sering diakses oleh para netizen ini yang menjadikan layanan sosial media tersebut sebagai lahan bagus untuk berjualan selain Facebook dll yang tidak memandang besar kecilnya usaha. Apalagi ini adalah tempat gratis untuk mereka yang ingin mendirikan usaha. Memanfaatkan kecenderungan masyarakat maya yang berinteraksi dan betah berlama-lama menggunakan Instagram menjadi sesuatu yang bagus untuk mendongkrak volume penjualan.

Dalam laporan 2016, bahwa aplikasi berbagi foto Instagram telah menyentuh lebih dari 200 ribu pengiklan. Bisnis mencari cara untuk lebih menonjol di hadapan para konsumen di Instagram bekerja dengan baik, serta mendorong tujuan bisnis melalui aplikasi media sosial.

Demi membantu komunitas bisnis untuk mendapatkan pengalaman lebih banyak terhadap platform tersebut, Instagram memiliki tools khusus untuk memudahkan para pelaku bisnis untuk mengetahui informasi konsumen, followers sekaligus viewersnya, yakni Business Tools Instagram.

Hal-Hal Yang Perlu Diketahui dari Fitur Business Instagram

1. Menganti akun Personal menjadi Bisnis

Instagram menjelaskan bahwa untuk mengakses Insight (Wawasan) dan Promosi maka profil Instagram personal harus diubah menjadi profil bisnis.

2. Wajib Memiliki Halaman Facebook

Untuk mengubah menjadi profil bisnis, dibutuhkan halaman Facebook (fans page) sebagai persyaratan, nantikan fans page atau FP akan digunakan untuk sinkronasi atau untuk menghubungkan dengan akun bisnis di Instagram kita, tentu agar jangkauan postingan menjadi lebih baik dan luas.

3. Informasi Kontak 

Untuk menggunakan profil bisnis di Instagram, diharuskan menginput informasi kontak paling tidak pengguna harus menyertakan nomer telpon, alamat fisik dan alamat email.

4. Share Postingan Hanya ke Fans Page Facebook Terkait

Untuk saat ini, profil bisnis di Instagram tidak bisa share atau membagikan postingan foto ke Facebook Fans Page selain ke FP yang telah kita tautkan seperti pada poin nomor dua.

5. Terdapat Tombol Kontak di Profil Bisnis Instagram

Berbedanya dengan akun personal, bahwa profil bisnis kamu akan memiliki tombol kontak pada profil Instagrammu yang mana merujuk ke pemberitahuan informasi arah atau lokasimu, nomer telpon, dan/atau alamat email seperti pada poin nomor 3.


6. Hanya Bisa Input Satu Alamat Lokasi

Jika kamu memiliki banyak toko, gerai dsb, Tools Business Instagram hanya sediakan satu tempat untuk kita inputkan. Anda harus memilih setidaknya hanya satu tempat yang ingin nantinya konsumenmu tuju.

7. Instagram Business Tidak Dibisa Diprivasi

Tujuan profil bisnis adalah memudahkan pebisnis untuk mempromosikan dan melihat informasi (grafik kecenderungan) konsumen. Dengan kata lain memprivasi adalah hal yang bertolakbelakang dengan tujuan tersebut, maka bagi pelaku bisnis tidak bisa membuat akun bisnisnya diprivasi.

8. Melihat Gratik Informasi Konsumen Melalui Insight

Hal yang paling mencolok dari profil personal dan bisnis adalah fitur Insight (Wawasan Instagram). Fitur tersebut akan menampilkan demografi dan kecenderungan siapa saja yang melihat postinganmu, kapan mereka online dan masih banyak lagi.

Dan ini adalah penampakan fitur Insight dalam Instagram Business:

Penampakan:

Buka

9. Satu Akun Dikelola Lebih Dari Satu Orang

Untuk memberi akses pengguna lain untuk ikut berpromosi di profil bisnis instagram, orang tersebut juga diharuskan dijadikan admin (pengelola akun) di Facebook Fans Page yang tertaut di profil bisnis Instagram.

10. Bisa Dikembalikan ke Profil Personal Lagi

Ya, jika memang tidak ingin atau tidak terkesan dengan tools Business Instagram, kamu bisa mengubahnya kembali ke profil personal namun dengan catatan setiap setiap kali berubah ke akun personal, data di Insight akan terhapus.

Cara Membuat Instagram Bisnis

Mudah, simak tutorialnya berikut ini:



> Pada profil Instagrammu, masuk Pengaturan. Lalu pilih 'Switch ke Business Profil' (Tukar ke Profil Bisnis)
> Anda diminta login ke akun Facebookmu. Disana kamu diminta untuk memilih satu Fans Page.
> Kemudian kamu akan diminta untuk mengisi informasi yang bisa dihubungi oleh konsumenmu nantinya seperti ini:

Penampakan:

Buka


> Selesai.

Semoga bermanfaat dan membantu kebutuhan kamu mengenai Instagram Business

You Might Also Like:

Tampilkan Komentar

Disqus Comments