Muncul Frame Hijau di Tepi LCD. Berikut Cara Mudah Mengatasinya



Haniqbal.com - Frame berwarna hijau terkadang sering kita jumpai di tepi LCD ponsel. Bagi orang awam pasti langsung panik bercucuran keringat lantaran LCD dan touchscreen ponsel tidak aktif atau tidak 'manut' perintah (responsif) mana saat disentuh.

Terkadang malah cuma bergetar dan diiringi suara aduhai dari mbak-mbak Google Voice. Hal tersebut sama halnya saat kamu sedang membuka game baru dengan menu awal tutorial yang menjelaskan ini itunya.

Hal tersebut juga dialami saya sendiri pada saat selesai flashing ponsel xiaomi saya. Saat itu saya panik soalnya touchscreen saat itu dalam posisi retak sedikit, melihat ponsel tidak ngerespon, pikir saya "Bangke! Diperbaiki kok malah gini."

Niat mau pergi ke tukang service, saya urungkan. Alhasil saya memilih mencari tahu ke guru sejati saya. Ya, berguru kepada mbah Google. Saya sudah ibarat aladin, dan Google adalah jinnya, segala kebutuhan ada padanya, hanya saja disaat saya meminta uang satu kamar, wanita dan kendaraan tak ia kasih, "Asem tenan memang."

Udah berhenti bercandanya. Ini yang baca lagi kesulitan LCD-nya muncul frame hijau kok malah dari tadi ngelawak. Tapi tenang kok, caranya gampang. Cara mengatasi keadaan dimana di tepi LCD muncul frame atau bingkai berwarna hijau itu mudah karena sumber masalahnya ada pada setting ponsel kamu, yaitu tak lain tak bukan adalah TalkBack.

Pastikan dahulu jika LCD ponselmu yang memiliki frame berwarna hijau disetiap tepinya itu seperti ini sehingga permasalahan ini akan happy ending:



Jika sama seperti gambar diatas, mari lanjutkan. Kali ini saya menggunakan ponsel Xiaomi sebagai bahan bermasalahnya, jadi andaikan ponselmu selain Xiaomi, itu tak perlu khawatir karena pengaturannya tetap sama, intinya masuk aksesbilitas di settingan ponselmu dan cari TALKBACK, itu saja.

Masuk menu Talkback Xiaomi:

> Additional Setting / Accessbility / TalkBack
> On/Offkan menu lalu pilih OK

"Loh kambing! Gimana masuk setting, wong nyentuh touchscreen saja susah, piye to bos tutorialmu!", pasti pikiranmu seperti ini, kan? hehehe. Sabar, kuncinya sabar dan terus simak apa yang akan saya terangkan selanjutnya.

Penting untuk diperhatikan:
Untuk masuk settingan, gunakan kedua jarimu untuk menyentuh atau mengusap touchscreen pada saat mengklik atau saat melakukan scrolling (mengulirkan) halaman. Atau paling gampang gini: klik dua kali.



Untuk melakukan klik dua kali, pastikan menu yang ingin kamu masuki sudah diliputi frame hijau dahulu (seperti gambar), baru setelah itu kamu klik menu tersebut dua kali dengan aba-aba dari mulutmu: "satu dua". Estimasinya hitungan aba-abamu dengan detikan: dari 1 ke 2 atau 1 ke 1.5 detik.

Untuk menyentuh atau mengklik memang dibutuhkan kesabaran karena emosi disini akan menguasaimu, jadi pastikan kamu dalam kondisi kenyang karena kadar emosi saat kamu lapar emosimu pasti memuncak berkali lipat. Trust me, my testimony.

Jika semuanya teratasi, tidakkah kamu ingin tahu kenapa ada menu merepotkan seperti ini. Yap, secara singkat saya akan menjelaskan. Memang menu TalkBack ini terkesan merepotkan tapi bagi mereka yang memiliki gangguan penglihatan, menu TalkBack sangatlah membantu dan bermanfaat terutama untuk membimbing mereka karena secara garis besar, TalkBack diciptakan untuk memudahkan kalangan disabilitas.

Sekian cara mengatasi LCD yang muncul frame berwarna hijau. Semoga bermanfaat

You Might Also Like:

Tampilkan Komentar

Disqus Comments