-->

[BERGAMBAR] Tips Mudah Mengatasi "Windows Script Host is Disabled on This Machine"



Haniqbal.com – Saat asyik menonton film, mengerjakan tugas atau bermain game di PC/Laptop tiba-tiba muncul pop up “Windows Script Host Access is disabled on this machine…”, terlintas dalam benak: “Waduh kenapa ini ?!”. Bagi orang awam seperti kamu (termasuk saya) pasti merasa panik, benar bukan?

Pop-Up atau dialbox pada komputer yang berbunyi: “Windows Script Host Access is disabled on this machine. Contact your administrator for details.” sebenarnya bukan masalah yang serius namun mengganggu. Ya, pasalnya notifikasi seperti itu sering muncul tak terduga disaat yang tak tepat seperti saya pada saat menonton film.

Penyebab Mengapa Muncul Notifikasi “Windows Script Host”

Menurut penuturan Microsoft, pop-up seperti itu muncul dampak dari user atau kamu yang kedapatan sedang mencoba menjalankan sebuah script dari sebuah file batch atau kamu tengah menggunakan script seperti: cscript.exe, c:\scripts\myscripts.vbs

Akan tetapi itu bukan tentang, hal tersebut bukan serta merta salah si user atau kamu. Terkadang beberapa aplikasi bisa menjadi biang mengapa hal tersebut bisa terjadi. Ada beberapa aplikasi yang dengan sengaja mencoba menjalankan script-script tersebut sehingga pesan Windows Script Host is disable on this machine muncul pada komputer kamu. Contoh misal jika kamu sering menggunakan software pihak ketiga seperti patch. Hal seperti itu mempermudah masalah seperti ini muncul.

Cara Mengatasi (Tutorial Bergambar)

Cara Pertama: Menggunakan Smadav

Usahakan Anda menginstal AntiVir Smadav yang support dengan opsi Windows Script Host (WSH), (jika tidak punya Smadav beralihlah ke cara nomor dua setelah cara yang satu ini). Menggunakan anti virus Smadav sebenarnya paling mudah dan simpel karena mereka memiliki fitur WSH ini. Berikut penjabaran cara mengatasi.

Pada tray icon di pojok kanan bawah, klik kanan ikon Smadav. Dan akan muncul seperti berikut ini:


Kemudian kamu tinggal checklist/centang: Izinkan Windows-Script & Office Makro (Permanen)

Selesai.

Cara Kedua: Menggunakan Registry Editor

Jika kamu tak menginstal Smadav, kamu bisa menggunakan opsi Regedit untuk membasmi Windows Script Host is disable on this machine. Simak caranya berikut ini:

Tekan Windows + R di keyboard bersamaan hingga muncul seperti ini:


Lalu tuliskan Regedit dan tekan OK/Enter.

Kemudian akan muncul pop-up Registry Editor seperti ini, yang selanjutnya kamu lakukan pilih: HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows Script Host\Settings


Disitu sebelah kanan temukan pilihan Enabled, jika sudah klik dua kali kemudian ganti 0 menjadi 1

Tekan OK. Selesai.

Cukup mudah bukan? Sekarang pop-up: Windows Script Host is disabled on this machine telah resmi hilang dari komputer kamu.

You Might Also Like:

Tampilkan Komentar

Disqus Comments