WiFi Id Tidak Connect? Simak Alasan dan Cara Mengatasinya



HBL - WiFi-id tidak terhubung atau tidak connect sering terjadi oleh sebagian orang, dan tak sedikit yang merasakan kesal saat disituasi tersebut. Wifi-an di WiFi Corner Telkom memang mengasyikan, apalagi dengan biaya 5000 saja kamu bisa menikmati internetan unlimited hingga 12 jam lamanya.

Semakin makmur lagi jika rumah kamu dekat area yang terjangkau sinyal router WiFi-id, cukup beli paket 50.000 kamu bisa internetan tanpa batas sepuasnya selama 24 jam non-stop. Bukan maksud promo ini ya, haha.

Kamu bisa dengan mudah menemukan titik hotspot yang menyangkut jangkauan WiFi-id dimanapun di Indonesia asalkan ada jaringan Telkom disitu, bahkan rumah yang berlangganan Speedy-pun umumnya sudah ditumpangi jaringan WiFi-id.

Cara Menggunakan WiFi-id juga cukup mudah, kamu tinggal membeli voucher di pos satpam Telkom yang ada WiFi Cornernya atau bisa juga lewat cara mudah yakni dengan membeli lewat pulsa. Caranya: Ketik NET spasi PILIH PAKET kirim ke 98108. Paket yang bisa kamu pilih diantaranya: 5000, 20000 dan 50000. Contoh:



Ketik NET spasi 50000 kirim ke 98108.

Untuk menghubungkan ke perangkat WiFi (@wifi.id) cukup mudah dan gampang, kamu tinggal memasukan username dan password yang didapat pada saat kamu membeli voucher maupun membeli lewat SMS pada halaman WiFi-id yang muncul otomatis (redirect) di browser laptopmu. Dan biasanya jika kamu beruntung kamu akan terhubung tanpa ada hambatan, namun terkadang ada yang sebaliknya a.k.a belum connect. Kenapa? Mari simak penjelasan lebih lanjut.

Penyebab WiFi-id Tidak Connect


> Baru Pertama Kali Menggunakan. Pengalaman Haniqbal.com sendiri dari sekian laptop yang saya bawa ke WiFi Corner nyaris semuanya tidak berjalan lancar, perlu beberapa menit hingga halaman WiFi-id muncul. Kurang lebih 15 hingga 30 menit waktu laptop kamu mengidentifikasi sinyal WiFi.

> Masalah Jaringan. Terkadang router yang terpasang di WiFi Corner juga bisa menjadi biang masalah mengapa sulit untuk menghubungkan ke internet. Bisa juga terjadi masalah di perangkat WiFi laptop kamu, bisa saja drivernya hilang atau belum terinstall dsb. Untuk itu pastikan saat mengalami masalah seperti itu, coba untuk tanyakan pada pengguna lainnya, apakah ikut tidak terhubung atau tidak.

Ada masalah lain, dimana Laptop berstatus 'Connected' namun halaman WiFi-id buat memasukan username dan password belum muncul. Kamu jangan tertipu, meski berstatus 'Connected' namun jika kamu lebih jeli lagi, kamu akan mendapati deskripsi dibawahnya, yakni: indentify bla bla bla...
Itu artinya sinyal wifi belum sepenuhnya terhubung mengingat halaman WiFi-id belum muncul.

Cara Mengatasi WiFi-id Yang Sulit Terhubung


Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan dan dipertimbangkan saat sulit terhubung dengan internet maupun berstatus 'connected' tapi halaman WiFi-id muncul, simak caranya seperti berikut:

> Menunggu dan Rutin Lakukan Connect - Disconnect. Aktifitas mengaktikan dan menonaktifkan sinyal seperti sebuah hal sepele, namun hal seperti itu kadang manjur. Aktifitas tersebut sama halnya kita melakukan semacam Ping berulang pada PC agar sistem semakin peka dengan apa yang sedang kamu lakukan.

> ON dan OFF kan WiFi Acces. Cara ini sama halnya diatas, fungsinya agar PC semakin peka dan sistem paham dengan perintah yang kita lakukan secara berulang-ulang.

> Lakukan Pembersihan Sampah di Browser. Menghapus cokies, cache dan riwayat penelusuran dimaksudkan agar halaman redirect WiFi-id mudah terbuka. Browser yang lama tidak melakukan pembersihan sampah-sampah akan menghambat segala aktifitas internet kita.

> Restart Komputer. Menghidupkan kembali komputer setelah bekerja dimaksudnya agar laptop kamu fresh dan terbebas dari sisa perintah dan aktifitas sebelumnya. Cara ini sama halnya saat ponsel Haniqbal.com error atau gagal mengindentifikasi sinyal maupun BBM berstatus 'Menghubungkan'.

> Menghapus Riwayat Jaringan. Maksudnya kita menghapus riwayat @wifi-id di komputer agar sistem bisa merespon dengan baik jaringan @wifi-id kembali. Kamu tidak perlu takut, karena menghapus jaringan di Manage Know Networks tidak ada efek sampingnya apa-apa.

Caranya : 
  • Klik Internet Acces di Taskbar Komputer kamu, kemudian pilih Network Settings yang ada dibawah sendiri.
  • Lalu pilih Manage WiFi Settings
  • Disitu ada pilihan beberapa koneksi WiFi yang pernah terhubung lalu pilih dan klik @wifi-id 
  • Klik Forget.


Kamu bisa mempertimbangkan langkah-langkah dibawah ini secara urut:

- ON/OFF kan WiFi pada Internet Acces
- Connect/Disconnect pada @wifi-id
- Bersih-bersih Sampah Browser
- Menghapus Riwayat Jaringan
- Restart Komputer
- Connect/Disconnect pada @wifi-id hingga halaman WiFi-id ter-redirect.


Demikian tips untuk Cara Mengatasi WiFi-id yang Sulit Terhubung. Sekian, semoga membantu.

You Might Also Like:

Tampilkan Komentar

Disqus Comments