-->

6 Pengembang Game Kerjai Para Pemakai Game Bajakan Dengan Cara Unik dan Konyol



HBL - Pembajakan pada piranti lunak semacam game bukan lagi rahasia umum, bagi mereka yang kesulitan ekonomi atau enggan menghabiskan ratusan ribu untuk membeli game original akan lebih memilih jalan tikus, yakni dengan menggunakan bajakan.

Di Indonesia sendiri menurut dari Statista 2015 lalu, sebanyak 84 persen komputer telah teristal software bajakan. Tidak cuma game, operation sistem dan aplikasi semacam office pun menjadi korban.

Pembajakan tentu musuh bagi para pengembang software salah satunya bagi para developer game-game ternama, mereka layaknya pebisnis lain yang normal sangat membenci jika hasil susah payah mereka tidak dihargai dengan cara dibajak. Namun meskipun dibobol, game bajakan dengan game asli sangatlah berbeda atau tidak sesempurna versi aslinya.

Dan berikut adalah cara unik pengembang game mengerjai para pemakai game bajakan, diantaranya:

CRYSIS WARHEAD


Crysis Warhead merupakan game bergenre First-Person Shot (FPS) dimana kalian akan berperang melawan para pasukan alien yang mencoba menduduki bumi. Kalian akan dibekali berbagai macam senjata untuk membunuh alien-alien yang mengancam. Dan Developer Crysis Warhead, Electronic Arts (EA) memberikan pengamanan ekstra berupa kode-kode yang sulit diretas oleh para cracker.

Hasilnya bagi para penikmat game bajakan, mereka akan menjumpai setiap peluru yang keluar dari senjata akan berubah menjadi ayam. Apapun yang mereka tembakan keluarnya selalu ayam, tidak peduli menggunakan senjata manapun. Peluru 'Ayam' tidak memiliki damage, sehingga aliaen yang kalian tembak tidak akan mati.

GRAND THEFT AUTO IV


GTA IV merupakan salah satu franchise game terkenal bergenre open world action-adventure karya Rockstars yang banyak peminatnya ini juga mengalami hal serupa layaknya Crysis Warhead. Pihak RockStars menanamkan kode yang sulit diretas untuk menghukum para pembajaknya dengan membuat aktor utama game, Nico Bellic menjadi 'mabuk'. Biasanya efek mabuk hanya didapat saat memasuki sebuah bar, namun siapa sangka di sepanjang game ia akan terus mabuk.

SERIOUS SAM 3


Serious Sam 3 merupakan game genre First-Person Shot dimana kalian akan berperang melawan para alien dengan menggunakan beragam senjata. Game ini dibuat oleh Croteam, dan sama halnya Crysis Warhead yang menghukum para pembajak gamenya dengan mengubah peluru menjadi sebuah ayam. Di SS 3, ketika ada Scorpion meskipun itu cuma satu, dan berapa kali kalian menembak atau memukulinya, sang alien akan mendatangi kalian dan mencoba membunuh anda. Jadi pada dasarnya ia sulit mati justru akan membunuh karakter utama kalian.

SPYRO 2


Developer Spyro 2, Insomniac Games memiliki cara unik untuk mengerjai sekaligus menghukum bagi mereka yang melakukan pembajakan. Mereka membuat banyak kode yang menjengkelkan, di kode pertama Insomniac membuat semua dialog game menjadi sebuah ceramah yang berisikan agar penikmat bajakan membeli versi originalnya. Dan jika penikmat bajakan Spyro 2 berhasil menghilangkan kode perlindungan pertama, maka akan ada kode selanjutnya yang secara otomatis bahasa game berubah menjadi bahasa Jerman.

Selanjutnya jika berhasil melepaskan kode kedua, maka kode ketiganya akan bekerja saat pembajak berhasil mencapai akhir dengan menemui bos. Dan konyolnya, satu serangan bos tersebut sudah mengirim pembajak kembali di awal permainan alias menghapus data save-savean sebelumnya. Sial bukan?

GAME DEV TYCOON


Game Dev Tycoon merupakan game yang membuat kalian merasakan susahnya membuat game. Jadi pihak developer game tidak mau susah-susah untuk mencegak para penikmat bajakan. Developer game, Greenheart Games membuat semacam kode yang akan bekerja pada saat orang yang memainkan versi ilegal dari game ini akan membuat berapapun tinggi skor kalian, maka game yang kalian buat akan banyak dibajak.


FOOTBALL MANAGER 2016


Game managering tim sepakbola garapan Sport Interactive juga mengerjai para penikmat versi bajakan dimana transfer pemain hanya segelintir klub yang melakukan jual-beli pemain selain kita. Klub besar-besar lainnya malah pasif sehingga bursa transfer pemain sangat lesu. Selain itu banyak nama-nama fake (palsu), misal Lionel Messi menjadi Osman Manna. Kemudian tim-tim amatir liga memiliki atribut yang luar biasa yang imbasnya mereka gampang menang. Contoh misal adalah Dartford klub divisi 6 Liga Inggris mampu mengalahkan Manchester United dengan skor masif. Sebuah cara konyol developer FM mengerjai para penikmat bajakan.


Inti dari mengapa para developer usil, mereka hanya ingin hasil jerih payah mereka dihargai dengan cara membeli versi aslinya.

Sekian semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Tampilkan Komentar

Disqus Comments