-->

Tips Memastikan Aplikasi yang Diunduh di Luar Play Store Aman dari Virus dan Malware



HBL - Apakah kamu sering mengunduh atau mendownload aplikasi atau game Android diluar Play Store? Dalam artian mendownloadnya dari google?

Google memang menyediakan jutaan fasilitas bagi siapa saja yang mau mencari sesuatu termasuk mencari file apk, namun hal tersebut bukan berarti kamu aman, karena mendownload diluar dari pasar aplikasi resmi Android (Play Store), smartphone kamu rawan tersusupi virus ataupun malware.

Kadang ada sekumpulan orang iseng membuat atau menyusupi sebuah malware guna mencuri identitas kamu, bahkan suatu saat bisa membuat smartphone kamu mengalami masalah. Masalah bisa saja itu ngehang atau ngelag. Memiliki smartphone lemot tentu tidak mengenakan bukan?


Namun, beruntungnya ada cara mudah untuk mendeteksi atau memastikan bahwa file yang kamu unduh diluar Play Store atau file mentah yang kamu download aman dari susupan virus (malware). Caranya mudah, kamu hanya membutuhkan koneksi internet saja kemudian tinggal melakukan scannisasi di situs scanner malware. Jadi kamu tidak perlu mengerti lebih dalam bahasa pemrograman atau keterampilan teknis lainnya yang berkaitan dengan topik ini.

Tips Mendeteksi Aplikasi Mentahan Aman dari Serangan Virus dan Malware

> Hindari keseringan mengunduh aplikasi mentah di situs yang tidak begitu terpercaya, atau situs yang terlalu banyak pop up-nya. (iklan)

> Jika memang kamu terlanjut hobi melakukan pengunduhan aplikasi di luar Play Store, setelah kamu mendownloadnya, kamu akseslah : VirusTotal.com


> Jika kamu sudah mengunduh file apk-nya, caranya sama halnya dengan cara antivirus komputer bekerja, namun kalau ini Anda diharuskan meload aplikasi ke situs sebelum kamu mulai scanning malware.

> Jika tidak mau menguplod atau dalam arti kamu belum mengunduh aplikasi di google, link situs hosting penyimpanan filenya kamu scan melalui tab 'URL'

> Selesai. Mudah kan. Selain VirusTotal.com, kamu bisa menggunakan layanan NVISO ataupun ApkScan, karena caranya tidak jauh beda dengan Virus Total.

Sekian. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Tampilkan Komentar

Disqus Comments