-->

Tips Pengereman Euro Truck Simulator 2



HBL - Game simulasi Euro Truck Simulator 2 ini adalah game yang membuat orang jatuh cinta, terutama bagi mereka yang menyukai game santai dan tidak bosen. Yaps! Meskipun ETS 2 sebutan dari Euro Truck Simulator 2 ini dicap sebagai game santai namun bukan berarti gampang timbulkan rasa bosan. Tak lain karena SCS Software selaku developer game ETS 2 memberikan hak kebebasan bagi penikmat ETS 2 yang menyukai bermain dengan mods. Fitur tersebut memungkinkan kebebasan gamer untuk bermain modifikasi baik model truk, kargo, layout, bahkan maps. Bagi Admin HBL sendiri memainkan ETS 2 adalah suatu kenikmatan tersendiri disaat gabut.

Bicara tentang topik yang akan dibahas, yakni tips pengereman dalam Euro Truck Simulator 2 Admin punya pengalaman kecil untuk para awamers terkait cara pengereman truk. Soalnya jika hanya sebatas menggunakan brake standar yakni dengan menekan tombol "S" atau "Arrow Down" biasanya akan terjadi perlambatan dari segi pengangkatan mesin. Maksudnya disini semisal kamu sedang dalam jalanan menikung, menggunakan brake standar terlalu pakem mengakibatkan kelambatan saat mesin mencoba mengangkat laju truk. Disini Admin punya tips lain bagi kamu yang belum mengerti cara pengereman selain menggunakan brake standar. Simak tipsnya berikut ini.

3 Cara Pengereman pada Euro Truck Simulator 2

> Memakai Retarder

Pengereman dengan retarder memungkinkan pengangkatan mesin yang cenderung lebih enteng. Cara kerja pengereman retarder yakni sebagai alternatif pengereman utama, biasanya ada pada sebuah kendaraan berat seperti kereta, bis dan truk karena sistem pengereman dengan retarder tanpa adanya gesekan. Jika terlalu fokus dengan pengereman utama tentu berdampak rem yang mudah aus.

Dalam ETS 2 sendiri untuk mengaktifkan pengereman retarder ada dua cara, yakni otomatis dan manual.
  • Otomatis, kamu masuk saja "Option - Gameplay" lalu centang pada "Automatic Retarder". Retarder akan aktif sendiri saat kita melakukan pengereman dan non-aktif jika jika melepaskan pengereman
  • Manual, setting saja di konfigurasi control button keyboard sesukamu untuk mengaktifkan retarder. Disitu ada retarder increase (menaikkan) dan retarder decrease (menurunkan). Tingkatan retarder ada lima tingkat (Scania), semakin tinggi akan semakin pakem pengeremanmu.
Tapi perlu kamu ingat, hati-hati saat menggunakan retarder. Jika kamu dalam keadaan menikung dan mendadak menggunakan retarder dengan tingkatan lima, siap siap panggil 911. Karena Truk kamu sudah pasti terguling, wkwkwk.

> Memakai Exhaust Brake

Jika kamu masih menggunakan ETS 2 versi 1.16 kamu akan menjumpai menu exhaust brake pada kontrol menu ETS 2. Penjelasan singkat exhaust brake ini adalah alternatif tambahan dari pengereman utama. Model pengereman seperti ini sering dijumpai pada kendaraan diesel salah satunya truk dan bis. Fungsinya sendiri yakni untuk membantu dalam memperlambat laju kendaraan. Perlu diingat Exhaust Brake atau rem gas buang hanya sebatas membantu memperlambat laju, dan tidak sampai hingga menghentikan kendaraan. Karena sistem kerjanya hanya menahan putaran mesin tidak menekan ban seperti kampas rem. 

Cara mengaktifkannya, kamu cari tombol exhaust brake dengan masuk konfigurasi control button keyboard dan pilihlah tombol yang yang nyaman pada jari kamu.

> Memakai Cruise Control Decrease

Jika kamu sudah menggunakan ETS 2 versi 1.2 keatas kamu akan menjumpai menu cruise control decrease pada menu setting button keyboard. Sepertinya itu menggantikan menu exhaust brake, soalnya menu tersebut sudah tidak ada. Cara menggunakan cruise control decrease untuk menambah pengereman secara halus yang bisa kamu aktifkan di konfigurasi control button dan di gameplay. Untuk di Gameplay kamu cari "Cruise Control Grip Step", lalu kamu atur sesusai seleramu besaran pengurangan dalam pengereman, ada per 1km/jam hingga 5km/jam.

 Sekian untuk tips cara pengereman pada Euro Truck Simulator 2, semoga menambah tips baru untuk permainanmu.

You Might Also Like:

Tampilkan Komentar

Disqus Comments