-->

Tips Agar Pengisian Daya Baterai Cepat Terisi



HBL - Saat ini adalah generasi milinium dengan berbagai kecanggihan teknologi. Teknologi dibuat dan dikembangkan untuk semakin mempermudah pekerjaan manusia. Dan salah satu dari teknologi tersebut yang sering kita temui adalah si ponsel pintar atau bahasa kerennya Smartphone.

Yups! Smartphone model saat ini sudah tidak lagi hanya sekedar untuk telepon dan sms, melainkan kita sudah dapat terhubung satu dengan yang lainnya dengan mudah melalui sosial media, lalu kegiatan memotres bahkan hingga membantu dalam mengerjakan tugas. 

Ponsel pintar yang menawarkan banyak fungsi tentu memakan daya yang besar. Oleh karena itu tak jarang ponsel kehabisan daya baterai. Sementara untuk proses charging kadang membutuhkan waktu dua hingga tiga jam, itupun tanpa kita mainkan.

Namun dewasa ini, ada beberapa ponsel yang mengadopsi fitur fast charging. Sebuah teknologi yang memungkinkan pengisian dua kali lebih cepat dari pengisian biasa, sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama saat pengisian daya hingga penuh. Contohnya seperti Ponsel Polytron Prime 7S. Apa yang Haniqbal.com kutip dari Kompas Tekno, fitur Turbo Charging milik Polytron ini dapat melakukan pengisian daya hanya 15 menit dan bisa melakukan panggilan telepon hingga 5 jam.

Bagi bukan ponsel yang tidak ada fitur Fast Charging hanya bisa gigit jari. Untuk itu agar dapat melakukan pengisian dengan cepat, simak tips berikut ini yang bisa kamu ambil.

Tips-Tips Mempercepat Pengisian Daya Baterai

1. Menggunakan Adapter Tablet

Charger yang memiliki penghantar arus yang lebih besar tentu akan mempercepat pengaliran daya pada ponsel kamu, salah satunya menggunakan adapter charger tablet. Namun tips ini cukup beresiko mengurangi umur baterai dalam jangka panjang. Jadi jangan gunakan tips tersebut terlalu sering. Perlu dicatat juga, ada beberapa yang berhasil terisi dengan cepat dan ada beberapa juga yang tidak. Hal ini karena ponsel tersebut hanya mampu mengisi dengan batas maksimal seperti charger bawaan.

2. Jangan Memainkan Ponsel Selama Pengisian

Memainkan ponsel selama proses pengisian daya tentu akan menghambat atau memperlambat daya listrik yang bakal tersimpan pada baterai ponsel. Hal ini karena memainkan ponsel seperti membuka aplikasi berat seperti game online, membuka youtube maupun ber-sosmed di dunia maya membutuhkan daya, sehingga arus yang masuk langsung digunakan untuk aktifitas-aktifitas tersebut.

3. Mematikan Ponsel

Melakukan pengisian dengan mematikan ponsel tentu akan sedikit mempercepat daya yang masuk. Karena jika selama masih menyala, ada daya yang dibagi untuk latar belakang ponsel baik itu homecreen, wallpaper, tema maupun widget. Belum lagi aplikasi yang berjalan seperti BBM dan lain sebagainya. Untuk itu alangkah baiknya, mematikan ponsel jika memang kamu sedang tidak melakukan aktifitas yang membutuhkan kerja ponsel.

4. Jangan Charge di USB Komputer

Mengisi daya di komputer atau laptop output daya yang tersalurkan hanya sebatas 0,1 hingga 0,5 A. Bila berkaca dengan charger bawaan cukup berbeda jauh, dimana output daya charger bawaan hingga menembus 2 A. Namun jika komputer atau laptop kamu sudah mendukung USB 3.0, proses pengisian dayanya bisa lebih cepat. Pada USB 3.0 kamu dapat menerima output daya sebesar 1 Ampere, atau mendekati charger bawaan ponsel.

5. Gunakan Charger dan Kabel Orisinil

Kabel dan Charger orisinil atau bahasa mudahnya barang asli dari pabrik dengan barang KW atau tiruan jelas bedanya. Apakah kamu mengerti kutipan satu ini "Harga Membawa Rupa". Meskipun murah tentu hasilnya berbeda dengan yang asli. Teruntuk Kabel KW, kadang kabel tersebut dibuat cukup tipis dan logam berkualitas rendah sehingga hal tersebut akan berdampak pada daya listrik yang masuk pada baterai ponsel. Oleh sebab itu, sebaiknya menggunakan charger bawaan asli dari pabrikan ponsel. Bila rusak, belilah charger dengan kualitas terbaik dengan brand yang terpercaya.

6. Mengaktifkan Airplane Mode

Tips lainnya yang bisa kamu gunakan ialah mengaktifkan mode pesawat. Selama mode pesawat aktif berarti sinyal sementara dimatikan sehingga dapat menghemat beberapa daya. Meskipun menggunakan mode pesawat, kamu juga jangan menyentuh ponsel untuk dimainkan. Biarkan ponselmu diam agar proses pengisian daya bisa lebih maksimal.

Itulah 6 tips resep dari Haniqbal.com tentang tips pengisian daya baterai smartphone agar cepat terisi. Setidaknya dapat membantu proses pengisian daya bateraimu walaupun hanya sedikit. Tapi pesan Admin HBL, meskipun kita sudah berada diera kecanggihan teknologi yang memudahkan segala aktifitas kita, sebaiknya gunakan dengan bijak. Jangan sampai kita diperbudak smartphone untuk mencari "Colokan". Jangan sampai kita menjadi generasi nunduk pada ponsel dan membuat kita menjadi manusia yang antisosial. Meskipun segalanya dimudahkan, bukan berarti kita menjadi orang yang bermalas-malasan. Ecieeh Pesan Moral 😁

You Might Also Like:

Tampilkan Komentar

Disqus Comments