-->

Kurangi Keseringan Main HP di Tempat Gelap, Bahaya!



HBL - Dahulu semasa almarhumah Ibu Admin Haniqbal.com masih ada, beliau sering melempari saya peringatan agar tidak keseringan memainkan ponsel di tempat gelap berlama-lama. Tapi bila dipikir-pikir, produsen ponsel pintar a.k.a smartphone makin kesini makin berkembang, makin lama makin disempurnakan dengan berbagai menyematkan teknologi baru nan canggih. Hal yang mana sebabkan saya dan mungkin kalian juga betah berlama-lama memainkan si mungil pintar ini.

Apakah kamu sadar, ada efek bila keseringan bermain ponsel di tempat yang minim cahaya tersebut? Tentu ada! Tak lain tak bukan berefek pada kondisi kesehatan matamu, memang sepertinya kita tidak merasakan langsung efeknya, namun sebenarnya hal tersebut membunuh kesehatan matamu secara perlahan.

Coba bandingkan misalkan kamu saat menonton televisi atau menatap layar komputer dengan keadaan tidak ada lampu, tidak ada cahaya dengan ada lampu atau cahaya. Rasakan perbedaannya dengan rentang waktu beberapa menit, kasih contoh selama 30 menit. Pasti matamu pedes, bukan begitu?


Kenapa demikian? Ternyata layar komputer, televisi dan ponsel itu memiliki gelombang sinar biru untuk menyala. Radiasi sinar biru yang dihasilkan akan memberikan beberapa dampak negatif berupa masalah pada mata seperti katarak, gangguan penglihatan, gangguan ingatan, obesitas dll. Tentu hal itu tidak langsung berdampak seketika, karena sekali lagi Haniqbal.com tekankan, mereka membunuhmu secara perlahan.


Efek dari gelombang sinar biru tersebut mengakibatkan mata cepat lelah. Jika aktifitas memainkan ponsel di tempat gelap sebagai aktifitas berulang-ulang, maka efeknya semakin lama semakin kuat.

Hal ini dirasakan Admin Haniqbal.com sendiri, awal semester kuliah jika melihat tulisan atau objek dari jauh masih bisa terbaca dan terlihat, tapi makin kesini kok semakin burem. Jangan-jangan rabun jauh? Ah sudahlah.. 😰 Mungkin kurang wortel, haha 😁

Seram bukan? Jangan sakiti masa mudamu untuk hal-hal seperti ini, tidak kasihan kah kamu dengan masa tuamu? Setidaknya mari kita berinvestasi kesehatan dihari tua dengan mengurangi bahaya-bahaya seperti mengurangi keseringan memainkan ponsel di tempat gelap.

Sekian, semoga bermanfaat dan mencerahkan pemikiran kita semua, hehe.

You Might Also Like:

Tampilkan Komentar

Disqus Comments