-->

Cara Menghapus Browser Hijacker pada Default Web Browser



HBL - Pernah tidak sih kamu mengalami kejadian bahwa homepage browsermu baik itu Mozzila, Chrome, Internet Explorer dll berubah? Berubah disini dalam arti homepage browser bukan google, melainkan sebuah situs search engine yang mirip google. Jika benar, Admin ucapkan "Selamat", kamu telah memenangkan sebuah hadiah berupa malware atau spyware.

Apa itu malware atau spyware? Adalah program yang dirancang untuk menyusup sebuah sistem operasi tanpa izin. Mereka masuk melalui celah saat kamu mendownload suatu file di internet, kadang muncul file .exe yang juga terdownload. File tersebut bukan file yang kamu ingin. Bagaimana jika file tersebut virus komputer yang berbahaya, semisal virus trojan. Tentu hal ini akan merugikan bagi kamu dan komputermu sendiri.

Browser yang terjangkit malware kadang disebut Browser Hijacker. Mereka akan merubah settingan default web browser tanpa izin kita. Baik saat kamu pertama kali membuka browser ataupun tiap kali kamu membuka "Tab" baru. Perlu kamu ketahui juga, settingan default browser adalah Search Engine Google (www.google.com). Jika kamu memergoki browser kamu bukan Google atau mungkin mirip Google sudah dipastikan kamu terkena browser hijacker. Mengeceknya mudah, sorot saja Address Bar Browser kamu, pastikan itu www.google.com.


Browser yang terkena malware atau spyware seperti itu mengakibatkan performa komputer atau laptop menurun, bahasa mudahnya "Lemot!". Jika kamu terus-terus membiarkan hal ini, yang ada makin hari komputermu mendekati bengkel reparasi komputer. Tidak mau bukan?

Mengapa si maker browser hijacker tega melakukan demikian? Tak lain tak bukan adalah mereka semata ingin menaikan atau mendatangkan traffik situs kepada mereka melalui klik otomatis dari para korban browser hijacker, hal ini juga berbau trik negatif dari Internet Marketing, oleh sebab itu mereka membeli sebuah trafik. Hal tersebut tentu tidak disenangi oleh para pengguna internet, karena seakan kita dipaksa melihat sebuah situs yang berbau hal seperti itu. Dan suatu saat mereka bakal di-kick, karena hal itu dirasa menggangu pemandang browser yang dipaksa lewat trik murahan tersebut.

Untuk menghilangkan sebenarnya mudah, tinggal cari menu settingan Default Web Browser di masing-masing browser yang terinstal di komputer kamu.

1. Google Chrome :


> Buka menu Setting - sorot menu Search.
> Ubahlah menjadi Google.
> Setelah itu pilih Manage Search Engine
> Hapuslah pilihan yang mencurigakan selain Google, Bing, dan Yahoo dengan klik "X" pada setiap ujungnya.
> Lalu lakukan pembersihan browsing data (cache, password dll) dengan : Klik Setting - History - Clear Browsing Data - Centang All

2. Mozzila Firefox


> Pada Address Bar tulis "about:config" tanpa tanda kutip
> Lalu cari nama browser hijacker sesuai dengan browsermu saat ini, misal: CoolWebSearch
> Kemudian kamu pilih, lalu klik kanan tekan "Reset"
> Lalu lakukan pembersihan browsing data dengan : Setting - Privacy - History - Clear Your Recent History - pilih Everything - Clear Now

Pada Shortcut juga kamu hapus dengan : Klik kanan Shortcut Browsermu - Properties - Pada tab "Shortcut" pada bagian Target hapus Browser Hijacker (misal: CoolWebSearch)

Ribet kah? Jika kamu merasa demikian. Ada cara yang lebih praktis. Yaitu gunakan aplikasi Malwarebytes Adwcleaner. Tenang, aplikasi tersebut aman kok. Gunanya untuk membantumu menghapus Malware dan unwanted program secara praktis. Untuk proses pembersihannya, pastikan kamu terhubung dengan Internet dengan sekali klik SCAN lalu ikuti setiap petunjuk berikutnya. Tenang, ga download kok, paket datamu ga sampai 10MB terbuang, santai..


DOWNLOADhttps://www.malwarebytes.com/adwcleaner/

Oke, sekian tipsnya tentang cara mengatasi browser yang default webnya bukan google.

You Might Also Like:

Tampilkan Komentar

Disqus Comments