-->

6 Hal Agar Powerbank Kamu Awet dan Tahan Lama



HBL - Powerbank adalah jawaban para produsen alat elektronik menjawab permintaan pasar yang membludak dilihat dari borosnya sebuah ponsel pintar atau smartphone. Yups, bagi kalian yang mencintai traveling atau menyukai hal yang menjauhkan diri kamu dari sebuah "Colokan". Colokan di era Milenium sekarang ini sudah menjadi bahan kebutuhan wajib bagi insan manusia ponsel. Colokan seperti item baru dalam menu sembako, karena semua orang yang memegang ponsel pasti membutuhkan dua lubang yang dapat menghantarkan arus listrik ini, wkwk.

Untuk itu, para produsen elektronik tidak mau melewatkan pasar ini. Mereka memikirkan :

Bagaimana menciptakan sebuah (Colokan) portable yang bisa dibawa kemana saja?

Mungkin atas dasar alasan itu, muncullah alat bernama PowerBank. Dua kombinasi kata, Power (tenaga) dan Bank (tempat menyimpan). Dewasa ini produk-produk powerbank sudah membludak di pasaran, bahkan ada versi KW (tiruan) dengan harga yang lebih terjangkau.

"Ada harga, Ada Rupa dong!" Gambaran yang pas sesaat membeli barang Cheapest, meskipun murah tentu bahan pembuatannya pun murahan, dan umurnya pun singkat serta kadang informasinya menipu. Tertulis 25.000 mAh berbandrol Rp100-an, tapi kenyataannya saat diujicoba isinya cuma 5K mAh, dan sekarang sudah rusak wkwkw. Itulah testimoni Admin Haniqbal.com membeli PB merk Samsul KW seharga Rp150.000, sumpah kapok!

PowerBank Awet dan Tahan Lama

Bukan maksud promosi atau apa, jika harus berkaca pada hal diatas, merk alat penyimpan arus listrik terbaik dan murah ya buatan Xiaomi Kalo mau bagus sekalian ya buatan Vivan. Sumpah selain bagus dalemannya desainnya slim nan elegan sehingga enak dibawa kemana-mana. Harga PB Xiaomi untuk 5000 mAh berkisar Rp149.000 dan untuk 10.000 mAh sekitar Rp195.000. Sementara PB Vivan rentang harga diatas Rp170.000-an hanya dapat 5000 mAh (Vivan C5 Dual Output).

Hal yang Harus Diperhatikan Agar PowerBank Awet dan Tahan Lama

1. Jauhkan dari Benda Bermagnet

Speaker smartphone saja jika lama-lama berada di dekat benda bermagnet agar mengakibatkan kerusakan, efek nyatanya bunyi "kresek-kresek" yang kian ketara. Sama halnya dengan PowerBank, mendekatkan PB dengan alat-alat elektronik bermagnet seperti Speaker Aktif, Kulkas, Obeng dll. Dalam PowerBank juga terdapat magnet, jika sering mendekatkan diri dengan alat-alat bermagnet lainnya akan menimbulkan tabrakan gelombang magnetik. Hal itu yang berdampak pada umur PowerBank yang dapat berkurang.

2. Isi Daya PowerBank Dari Rendah

Biasanya PoweBank terdapat indikator daya yang memberitahukan seberapa daya listrik yang masih tersisa, kadang ditandai dengan indikator berupa "strip" atau "kedipan garis". Untuk itu saat pengisian daya yang tepat adalah disaat strip atau kedipan garis berada dititik terendah. Hal itu juga lebih baik mengingat jika kita mengisi dari awal atau dari strip terendah akan membuat kesehatan PB terjaga dan meminimalkan berkurangnya umur dari PB itu sendiri.

3. Jangan Sering Jatuhkan PowerBank

Tidak hanya mengakibatkan kerusakan komponen akibat keseringan mengalami benturan keras, PowerBank yang sering terjatuh dengan benturan yang cukup keras akan menyebabkan penutup komponen akan terlepas. Jika terlepas sudah dipastikan PoweBank kamu tidak lama lagi siap digantikan yang baru.

4. Hindari Suhu Ekstrem

Musuh PowerBank lainnya adalah suhu di sekitar. Salah satunya adalah suhu terlalu dingin dari Air Conditioner (AC) dan sinar dari cahaya matahari. Efek yang terjadi dari memperpendek umur karena suhu dingin yang ekstrim dan meledak jika dibiarkan terkena sinar matahari langsung. Ada baiknya, kamu atasi dengan memasukan PowerBank kedalam tempat jauh dari kemungkinan efek buruk yang mungkin terjadi.

5. Jangan Mainkan Ponsel Saat di Charge dengan PowerBank

Ada baiknya saat sedang diisi daya dengan PowerBank, setidaknya ponsel kamu jangan kamu mainkan. Memang "gemas" bila tangan jauh dari ponsel, namun batasi nafsu tersebut agar pengisian daya baterai maksimal. Memainkan baterai saat diisi dengan PowerBank, tidak hanya memperlama ponsel menambah persentase baterai juga dapat mengakibatkan kinerja PowerBank terlalu prima saat memberikan daya. Hal itu menjadikan isi PowerBank cepat habis dan ponsel gagal terisi daya banyak.

6. Gunakan PowerBank Original

Sudah disebutkan sebelumnya bagaimana pentingnya berinvestasi jangka panjang dengan menggunakan PowerBank Original bukan KW (tiruan). PowerBank Original fitur awet dan kualitas bagus sudah tidak diragukan lagi. Seperti pepatah "Ada harga, ada rupa".

Sekian untuk tips, bagaimana caranya agar PowerBank awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Tampilkan Komentar

Disqus Comments