-->

Pengguna Aktif Facebook Nyaris Tembus Dua Miliar



HBL - Jika kamu ditanya temanmu, apa itu Facebook? Atau malah kamu menanyakan hal demikian pada temanmu tentu pertanyaan ini adalah sebuah pertanyaan yang hanya ditanyakan manusia yang lahir tidak mengenal internet. Yap! Jika kamu mengenal internet, sudah pasti kamu akan tahu apa itu Facebook. Ibarat saja kamu diberi tantangan untuk memandang sebuah kata tanpa membacanya, namun tetap saja kata tersebut terbaca olehmu. Hal ini karena mata dan otakmu sudah menyatu satu sama lain. Begitulah bagaimana Internet dengan Facebook, media pemersatu manusia di jagat maya.

Bicara tentang Facebook ada fakta yang mencengangkan tentang media sosial milik Mark Zuckerberg satu ini, dimana dalam kuartal keempat sejak Facebook lahir 2004 silam, terjadi angka yang fantastis dimana dalam perbulannya Facebook memiliki pengguna aktif nyaris menyentuh angka 2 Milyar. Logikanya bila sebuah perusahaan tumbuh seharusnya disitu akan mencapai titik dimana hukum bilangan besar memaksa mereka untuk memperlambat dan pelanggan potensial seharusnya habis. Tapi seperti yang Haniqbal.com kutip dari The Telegraph, logika tersebut tidak berlaku lagi bagi perusahaan selevel Facebook. Bagaimana tidak, tercatat dalam kuartal keempat Facebook sekarang mereka memiliki pengguna aktif tepatnya 1,88 Milyar setiap bulannya, atau setengah dari populasi penduduk di dunia yang menggunakan internet (5/2/2017).


Sebuah pencapaian luarbiasa dimana sejak 2004 dilahirkan dari seorang mahasiswa yang Drop Out saat ini telah berhasil menyentuh angka 1,88 Miliar pengguna aktif per-bulannya. Namun perlu garisbawahi bahwasanya dalam jumlah besar ini merupakan jumlah pengguna non-China atau artinya jika China tidak memblokir akses Facebook mungkin saja setiap manusia berkebutuhan internet memiliki sebuah akun profil Facebook dirinya. Merasa konyol bila bisa melihat fakta ini.

Sisi Pendapatan

Tahun lalu Mark Zuckerberg mampu mengeruk revenue sebesar USD 27,6 Milyar (Rp358 Triliun rupiah) dari penjualan mereka atau naik sebesar 54 persen di tahun 2017. Sebagian didapatkan dari iklan seluler. Dalam kuartal terakhir Facebook menerima 84 persen dari iklan selulernya.


Di tahun 2012 silam saham Facebook bernilai USD 100 Milyar (Rp13.000 Triliun) dan sekarang mereka menembus jumlah angka yang fantastis yakni bernilai USD 385 Miliar. Hal ini menjadikan Mark Zuckerberg mampu mengantongi jumlah pendapatan bersih sebesar USD 57,4 Milyar atau menjadi perusahaan keenam dalam daftar pengeruk pendapatan terbanyak di seluruh dunia.

Sisi Kompititor

Kompetisi dalam bisnis adalah hal yang lumrah. Jejaring sosial lainnya yang memiliki jumlah pengguna yang banyak yakni Instagram dengan 600 juta penggunanya dan masih ada WhatsApp sebagai aplikasi chatting terbesar didunia. Namun hal itu bukan sebuah masalah besar, mengingat keduanya merupakan perusahaan lain yang dimiliki Mark Zuckerberg yang dibeli masing-masing senilai USD 1 Milyar dan USD 19 Milyar.


You Might Also Like: