-->

Lupa Kata Sandi pada Email? Simak Tips Jitu Berikut ini



HBL - Lupa merupakan suatu kondisi dimana kehilangan suatu informasi yang tersimpan pada memori otak. Lupa pun wajar dialami bagi setiap orang, namun menjadi hal kurang ajar bila dalam dua detik mendadak ingatan tersebut hilang, mungkin kamu perlu medical check up ke dokter. 😃

Mengalami kehilangan ingatan saat memiliki akun pun kerap terjadi, kehilangan disini adalah lupa kata sandi email. Hal ini bisa saja diakibatkan oleh kamu yang memang memiliki banyak akun dengan banyak kata sandi yang berbeda-beda sehingga jika lupa yang ada adalah lupa atau juga akun emailmu di bobol oleh orang yang tidak bertanggungjawab yang mana telah mengganti password akunmu tersebut. Tentu hal ini sangat merugikan, mengingat jika email tersebut penting bagi kamu.

Setiap ada asap, pasti disitu ada api. Setiap ada masalah, insyaAlloh ada jalan keluarnya.


Yups! Dari kutipan diatas sama saja jika kamu mengalami kehilangan ingatan akan kata sandi emailmu, masalah tersebut memanga ada penyelesaiannya. Lalu apa itu? Simak berikut ini, Admin HBL akan menjelaskan beberapa tips agar kamu lebih mengamankan akunmu dari serangan hacker ataupun kegagalan log in akibat lupa kata sandi.

Tips Mengatasi Agar Terhindar dari Lupa Kata Sandi

> Gunakan Pertanyaan Keamanan

Singkatnya pertanyaan keamanan berguna dalam proses me-recovery sebuah akun email yang mengalami kegagalan log in. Kegunaan lain yakni untuk lebih memproteksi akun dari tindakan orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Tips dalam memilih pertanyaan keamanan, pilihkan sebuah pertanyaan dasar yang mudah diingat, misalnya siapa nama panggilan ayah atau ibumu, atau siapa teman kecilmu dsb. Dengan menggunakan pertanyaan keamanan ini akan memudahkanmu kembali masuk ke dashboard email kamu.

> Simpan Kata Sandi di Tempat yang Aman

Yang dimaksud tempat aman disini bisa saja 'Note' pada smartphone kamu, atau bisa juga pada dompetmu. Menyimpan kata sandi dengan cara diatas biasanya bagus buat orang yang memiliki jumlah akun yang banyak dan dengan kata sandi yang berbeda-beda. Sebaiknya-baiknya pengingat yaitu memiliki catatan yang didokumentasikan. Tidak hanya lebih memudahkanmu dalam mengingat juga baik bagi kamu lebih terstruktur.

> Cantumkan Nomor Ponsel

Sama halnya dengan menggunakan pertanyaan keamanan, fungsi mencantumkan nomor ponsel baik bagi kamu apabila mengalami kegagalan log in. Email yang memilik nomor ponsel sebagai syarat tambahan pengamanan akun me-recovery agar dapat kembali masuk ke dashboard email. Cara kerjanya, disaat kamu dalam proses recovery (pemulihan) nanti pihak google akan memberikan opsi untuk mengirimkan kode verifikasi ke nomor ponselmu untuk proses pemulihan.  Jika kamu mencantumkan nomor ponsel, pastikan nomor ponselmu selalu aktif.

> Gunakan Kata Sandi Kombinasi

Maksudnya kata sandi kombinasi disini, semisal kamu membuat email baru atau membuat kata sandi baru setelah proses pemulihan, usahakan pilihlah kata yang mudah diingat dengan kombinasi abjad (huruf) dan nominal (angka). Hindari menggunakan kata sandi dengan mencantumkan nama, tanggal lahir atau yang sangat kental dengan identitas kamu. Hal ini akan mempermudah orang yang tidak bertanggungjawab menggunakan akun emailmu untuk kegiatan yang negatif.

Lalu bagaimana jika sudah terlanjur lupa kata sandi dan atau tanpa melakukan salah satupun dari keempat tips diatas? Jika kamu merasa demikian, nasib kamu diunjung tanduk. Hal ini sudah pernah Admin HBL alami sendiri, disaat lupa segalanya baik pertanyaan keamanan juga nomor yang sudah mati. Admin kesusahan untuk masuk, pihak Google akan menganggapnya sebagai sebuah robot ataupun orang lain. Hingga sekarang, Admin sama sekali belum bisa memulihkan akun email tersebut. Sedih Bosku!

Cara alternatif lain dan bisa bekerja tak lain tak bukan ya menggunakan bantuan hacker. 😂 Sekian.

You Might Also Like: