-->

Internet Tidak Konek? Ketahui Penyebabnya



HBL - Tidak bisa konek Internet? Atau Internet konek tapi tidak bisa browsing? Complicated sekali hidup Anda. Mengalami sebuah masalah dengan koneksi internet terutama pada ponsel kita tentu merupakan sesuatu hal yang menjengkelkan. Misal saja sedang asyik menonton video cover lagu di Youtube atau sedang streaming dengan artis Bigo 😁 , lalu tiba-tiba buffering. Tentu menjengkelkan bukan?

Pada generasi nunduk (main ponsel), internet merupakan makanan wajib bagi para perangkat pintar (smartphone). Fakta pun membuktikan, berdasarkan apa yang Admin kutip di harian The Telegraph bahwa konsumsi internet di seluruh dunia hampir 3/4nya. Almost Amazing!

Untuk itu, kali ini Admin HBL akan berbagi informasi jika saja kamu mengalami sebuah kejadian internet yang tidak tersambung. Dan disini beberapa penyebabnya, semua Admin rangkum berdasarkan apa yang pernah Admin alami.

Penyebab Internet Tak Tersambung

> Settingan APN

Sebenarnya untuk settingan APN pas pertama kali pasang di ponsel platform Android sudah tersetting secara otomatis, tidak perlu lagi melakukan input settingan secara manual. Namun tidak demikian dengan ponsel berplatform Windows Phone, kadang kala tidak tersetting secara otomatis. Perlu penanganan input secara manual di menu setting ponsel kamu, tergantung provider kartu yang kamu beli karena memiliki settingan APN yang berbeda-beda.

Paket Kouta yang Dibeli

Penyebab lain adalah kuota internetmu yang kamu beli apakah masih memiliki sisa atau sudah habis. Jika mengalami kejadi tidak bisa tersambung ke internet, pastikan kamu mengecek kuota berdasarkan provider yang kamu beli, baik lewat panggilan dial call atau menggunakan aplikasi masing-masing provider. Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek paket data ponselmu.

  • Telkomsel dengan panggil *889#
  • Axis dengan panggil *123*7*3*1#
  • XL dengan panggil *123*7*5*1#
  • Indosat dengan kirim pesan "usage" ke 363 (gratis)/ panggil *363# 
  • Smartfreen dengan kirim pesan "cek" ke 995 (gratis)/ panggil *995#
  • Three "3" dengan kirim pesan "info data" ke 234/ panggil *111#

Ada Batas Limit Akses

Pada provider simcard tertentu, kadang ditemukan sebuah kejadian jika dalam sehari terdapat pembatasan akses internet. Semisal jika kita melebihi dari batas yang ditentukan maka otomatis kecepatan memakan data akan berkurang. Biasaanya pembatasan ini hanya dilakukan dalam sehari atau 24 jam saja. Hal ini tentu menjengkelkan karena mengakibatkan internet menjadi lemot. Admin pernah memakai sebuah provider simcard (sebut saja "X") dalam sehari pernah menghabiskan data sebesar 1 GB lebih. Dan apa yang terjadi setelahnya, koneksi pada ponsel Admin mendadak hilang-kembali berulang-ulang.

Berada di Sebuah Tempat Minim Sinyal atau di Luar Area

Jika kamu doyan jalan-jalan atau berpindah-pindah tempat. Tentu hal tersebut dapat mengakibatkan sinyal kamu tidak stabil. Belum jika kamu menggunakan provider simcard yang tidak ramah dengan pedesaan, hal itu akan memperparah masalah koneksimu. Admin HBL pernah mengalami kejadian itu, dimana pernah membeli kartu perdana internet tertulis "Area Jabodetabek" hal itu tidak disadari Admin yang menggunakannya di daerah luar Jabodetabek, yakni Kebumen.

Mengetahui Internet Tidak Konek

Sebenarnya sesuatu yang mudah untuk mengetahui apakah koneksi internet pada ponsel kamu konek atau tidak, berikut cara yang biasa Admin lakukan:

> Status BBM di Notifikasi

Cara termudah mengecek internet konek atau tidak yakni dengan melihat status aplikasi BBM di notifikasi ponsel kita yang berjalan. Jika "BBM Tersambung/Connected" itu menandakan koneksi internet terhubung. Sementara bila mengetahui status "BBM Menyambungkan/Connecting" itu artinya koneksi internet pada ponselmu terputus.


> Memperhatikan Status Data pada Notifikasi Bar

Jika kamu pengguna ponsel Xiaomi, kamu bisa memasang "tampilkan kecepatan koneksi". Dengan status bar tersebut dapat memberitahu kamu bagaimana ponsel mencoba menyambungkan ke internet. Jika tertulis angka dibawah 0,01/d kemungkinan internet tidak tersambung.

Cara Mengatasi Internet Tidak Konek


Untuk mengatasi penyebab yang sudah admin terangkan diatas, berikut beberapa hal yang perlu kamu coba.

> Minta Refresh Kartu pada Operator

Hal ini sepertinya tidak begitu berdampak secara signifikan, tapi boleh kamu coba bila menginginkan kecepatan yang lebih kuat. Cara ini tidak menjamin berhasil, haha. Kamu bisa meminta refresh di layanan pelanggan baik Facebook maupun Twitter masing-masing provider.

> Mematikan Data

Dengan mematikan data diharapkan ponsel akan melakukan pencarian ulang jaringan data. Cobalah kamu mematikan lalu menghidupkannya kembali. Caranya ada di notifikasi bar atau pengaturan kartu SIM dan jaringan seluler pada ponselmu.

> Modus Terbang
Hampir mirip dengan mematikan data. Dengan menggunakan modus terbang, hal itu membuat ponsel kamu mencari pencarian ulang jaringan sinyal kartu selulermu.

Restart Ponsel

Dengan melakukan restart ponsel berarti ponsel akan mematikan proses yang telah berjalan dan memulainya dari awal. Bila diibaratkan seperti kamu tidur. Tentu setelah tidur pikiran lebih refresh bukan? Nah, cobalah ponselmu untuk direstart atau dimatikan-hidupkan kembali.

> Pindah Lokasi

Gedung atau bangunan dapat mengakibatkan sinyal bapuk alias hilang. Oleh karena itu jika kamu mengalami gangguan sinyal, coba kamu keluar rumah agar sinyal yang didapat lebih kuat.

Itulah beberapa Penyebab yang bisa menjadi dasar alasan mengapa Intenet anda tidak tersambung. Sekian, semoga bermanfaat.

You Might Also Like: