Cara Membuat Efek Blur dengan After Focus



HBL - Apakah kamu pecinta fotografi? Jika benar, tentu kamu menyukai hal tentang pengeditan, semata agar hasil fotomu indah dan Instagramable. Benar bukan? (jika salah, anggap saja benar, haha). Ditanya bagaimana cara melakukan edit foto dengan hasil terbaik menurut Admin ya dengan menggunakan Adobe Photoshop. Hal itu karena Photoshop sendiri bisa dikatakan sebagai aplikasi sejuta menu edit dan efek foto. Hasilnya pun sudah tidak diragukan lagi.

Namun, belajar Photoshop itu sebenarnya susah-susah gampang alias tak semua orang bisa. Dibutuhkan ketelatenan dan niat yang keras. Jika kamu tidak termasuk orang yang seperti itu, berarti langkah yang bisa kamu ambil yakni dengan memakai aplikasi instan photo editor.

Terkait judul topik artikel ini yakni membuat efek blur, ada cara yang mudah bagaimana mengedit sebuah foto blur selain menggunakan Photoshop. Terlebih media editing-nya pun tiap hari ada, yakni Smartphone kamu. Yap! Tidak harus memakai Photoshop dan membuka PC, kamu cukup menyediakan ponsel pintarmu dan menginstal Aplikasi After Focus di Play Store maupun di App Store.

After Fokus menawarkan berbagai solusi kemudahan bagi kamu yang menginginkan sebuat editan background blur, menghapus background dan memfokuskan objek yang ingin disorot. Semua dilakukan dengan mudah dan tak seribet Photoshop.


For Tutorial

Disini Admin HBL akan mempraktekan bagaimana membuat efek blur pada background terluar dari objek yang ingin disorot (fokus).

> Buka Aplikasi After Focus di Smartphone kamu.
> Pilih "Album" dan tentukan fotomu yang siap untuk dieksekusi.
> Disisi kiri ada menu tools yang bisa kamu gunakan.
  • Menu Blur untuk menyeleksi bagian yang ingin kamu fokuskan.
  • Menu Samar untuk memberi efek samar pada di belakang objek fokus.
  • Menu Background untuk menyeleksi bagian yang ingin kamu blur-kan.
  • Pen untuk menulis atau mempertegas efek.
  • Eraser untuk menghapus setiap eksekusi yang telah kamu gores.
  • Pan & Zoom untuk memperbesar ukuran foto agar mudah dalam melakukan penyeleksian
  • Mata untuk melihat preview hasil sementara.


> Berikut adalah contoh bagaimana Admin melakukan eksekusi:

> Jika merasa editan sudah sempurna, kemudian pilih Next
> Atur Menu Blur, Aperture, Fading BG, Filter dan Effect sesuai selera.

> Lalu Save. Selesai.

Tips : Jika kamu merasa proses pengeditannya lama, pilih "Next" saja lalu "Save Project" di menu kanan atas. Hal ini dilakukan agar terhindar dari kemungkinan tiba-tiba aplikasi menutup sendiri (force close).

You Might Also Like: