-->

Tidak Bisa Copy File ke Flashdisk



HBL - Pernah kah mengalami kejadian muncul dialbox seperti The file ... is too large for the destination file system saat kamu sedang mem-paste file di flashdisk? Hal itu juga terjadi pada Admin, saat ingin mencoba memindahkan file game ke flashdisk. Perasaan free space-nya masih cukup, malah diatas ukuran file. Aneh kan? Nah, setelah seminggu tak mandi, akhirnya Admin dapat pencerahan, dan pada kesempatan kali ini Admin HBL akan mencoba mengulasnya sekaligus berikan solusi untuk permasalahan flashdisk kamu yang gagal menerima file.

Flashdisk yang tidak bisa menerima file atau dalam kata lain tidak bisa copy file ke dalam flashdisk itu disebabkan oleh file yang akan kamu paste itu sendiri. Disini bukan maksud apakah file kamu itu corrupt atau gimana, itu bukan. Melainkan file yang akan kamu taruh pada flashdiskmu itu karena memiliki something. Maksudnya?



Penyebab Dasar

Jadi begini, jika kamu sering me-reset atau mem-format flashdisk tentu kamu tidak asing dengan dialbox seperti ini.


Bahwa disitu ada menu "File System" yang memiliki pilihan FAT32, NTFS dan exFAT. Dari ketiganya dua diantaranya sudah populer bagi kalangan formater, yakni FAT32 dan NTFS. Keduanya itu sangat berbeda.

Dari sisi kompatibilitas OS, NTFS tidak bisa bekerja di semua operating system seperti MacOS X, MacOS X hanya bisa membaca data namun tidak bisa menulis data ke flashdisk sehingga membutuhkan software bantuan. Sementara FAT32 hampir kompatibel dengan berbagai macam OS seperti Windows, Linux, DOS, dst.

Dari sisi batas ukuran, NTFS bisa menerima file dengan ukuran makmimal  16 Exabite atau 16 Miliar GB, buseeeet!. Sementara FAT32 hanya bisa menerima file maksimal hanya 4 GB saja.
Dari sisi jumlah file, NTFS bisa menampung file dengan jumlah sebesar 4.294.967.295 buah. Sementara FAT32 hanya bisa menampung sebatas 65.517 buah saja.

Dari sisi ukuran cluster, NTFS dapat menerima ukuran file sekecil maksimal 4 KB, Sementara FAT32 hanya dapat menerima ukuran sekecil 32 KB. Jika kamu memiliki file dengan size lebih kecil dari 32 KB, FAT32 tetap akan membacanya sebesar 32 KB.

Dari sisi keamanan, NTFS memiliki fitur enkripsi data dan file permission sehingga menjadikannya aman dan memiliki kemungkinan file yang corrupt yang sangat rendah sementara FAT32 tidak.

NTFS bisa menerima ukuran partisi sebesar 16 Miliar GB, sehingga ukuran hardisk semisal 10 TB masih tetap terbaca. Sementara FAT32 hanya mampu memuat partisi sebesar 2 TB, jadi bila kamu memiliki flashdisk atau harddisk 4 TB bila terpartisi terbaca hanya 2 TB saja.

Untuk masalah The file is too large for the destination file system berarti karena kamu memiliki file yang besar lebih dari 4 GB, dan flashdisk kamu berstatus sistem : FAT32 sehingga file menolak masuk. Untuk solusinya kamu cobalah format ulang FD kamu dan jangan lupa pilih atau ubah menu sistem menjadi NTFS.

Sekian, semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Tampilkan Komentar

Disqus Comments