-->

Mencegah Flashdisk dari Virus



Haniqbal.com – Pernahkan kamu mengalami kejadian flashdisk milikmu terjangkit virus akibat kamu plug-in ke komputer lain, dalam hal ini komputer warnet, komputer fotocopian maupun komputer temanmu? Jika iya, berarti kamu perlu luangkan waktumu untuk mengikuti saran dari Admin HBL untuk menghindari virus di flashdisk.

Memang bukan menjadi sebuah rahasia lagi mendapati virus sejenis worm, malware di flashdisk kita bila kita sembarangan main tancap, alias plug-in di komputer yang tak terawat. Komputer dengan kondisi seperti itu sangat memungkinkan disisipi virus-virus semacam worm, malware.

Faktor-faktor yang menyebabkan hal itu terjadi lantaran karena tidak adanya peran antivirus yang membentengi komputer tersebut, ditambah juga kelakuan si user komputer tersebut yang sebelumnya mengakses situs-situs penuh spam, malware dan slot USBnya sering digilir berbagai jenis flashdisk yang bisa juga membawa virus. Rasanya tentu jengkel, bete, seneb bila file-file yang tersimpan di flashdisk tiba-tiba hilang, tiba-tiba berubah menjadi file shortcut dan sebagainya padahal itu bukan kesalahan kita kan? Oleh karena itu pentingnya aksi tindakan pencegahan, kita perlu melakukan proteksi untuk menjaga agar hal seperti itu tidak terulang lagi.

Untuk Mencegah :

> Pastikan kamu terinstal Smadav di komputermu, jika belum dalam artikel ini akan Admin HBL cantumkan.



> Buka Smadav, pada tab Tools
> klik Smad-Lock (Pengebalan)
> Pilih dengan centak/checklist pada direktori Flashdisk-mu
> Lalu pilih Lock
> Jika sudah, maka di dalam Flashdiskmu akan otomatis terdapat folder Δ Smad-Lock (Brankas Smadav) Δ, nah simpanlah file-file pentingmu kedalam folder tersebut agar kamu terhindar dari malapetaka virus-virus yang siap masuk ke Flashdiskmu.

Lalu bagaimana bila hal itu sudah terjadi? "Flashdisk saya file-filenya hilang atau telah berubah menjadi shortcut?" Tenang, jangan takut, ini cuma masalah biasa. Untuk mengatasi hal tersebut kamu perlu menginstal antivirus proteksi flashdisk buatan negeri, Smadav! Jika belum punya, saya akan share link Smadav untuk kamu.

Untuk Download

DOWNLOAD |


Jika ingin menikmati Smadav Pro, silahkan membeli atau donasi secara resmi ke pihak developernya. Smadav Pro adalah varian Smadav berbayar yang memiliki bermacam keuntungan yang tidak ada di varian gratisnya.

Solving Your Problem :


Jika filemu hilang, bisa dikembalikan dengan cara :
  • Pada Flashdiskmu, klik kanan Scan with Smadav
  • Pilih Detail (jika scanning sudah rampung)
  • Lalu pada Tab Scanner, klik File Tersembunyi
  • Disitu nanti akan termuat file-file kamu yang terjangkit virus, centang atau checklist file kamu
  • Klik Unhide
  • Dan lihatlah, filemu telah muncul kembali

Jika filemu berubah menjadi shortcut, cara mengatasinya mudah namun sifatnya hanya sementara :
  • Klik saja file kamu yang berubah menjadi shortcut. Nanti kamu akan dibawa jendela baru yang memuat file-file aslimu,
  • Pindahkan file tersebut ke drive lain selain di Flashdisk, lalu kamu coba format Flasdiskmu dan lakukan penguncian dengan Smadav Lock seperti cara yang sudah Admin HBL terangkan paling atas.

Sekian, semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Tampilkan Komentar

Disqus Comments