-->

Live Stories, Fitur baru Instagram



HBL – Dewasa ini, fenomena siaran live streaming atau broadcasting sedang marak dan digandrungi oleh banyak kalangan muda-mudi di dunia maya. Siaran live stream/broadcast yang hampir mirip dengan aktivitas nge-vlog di situs web berbasis video yakni Youtube ini menjadikan lahan bagus bagi para pengembang aplikasi untuk mencoba beralih ke layanan berbasis video untuk meraup untung besar.

Sebut saja aplikasi seperti Bigo Live, Kity Live, Nano Live, Periscope sekarang sedang naik daun karena cukup banyak penggunanya dan juga menjadi aplikasi gratis popular yang sering diunduh di Play Store maupun App Store. Mengetahui pasar live broadcast sedang menanjak, aplikasi sejuta umat, Instagram mencoba merambah kedalam dunia live broadcast dengan menyajikan fitur baru yang dinamakan “Live Stories”.

Live Stories Instagram dirilis di Indonesia sudah bisa dinikmati para penggunanya sejak kemarin (25/1/2017). Mekanismenya kurang lebih hampir sama dengan aplikasi berbasis live broadcast lainnya. Penggunanya bisa melakukan siaran langsung dalam bentuk video yang bisa ditonton secara real-time oleh penguna lain Instagram.

Bagaimana cara menggunakan Live Stories? Hal pertama yang harus kamu lakukan yakni dengan memperbaharui aplikasi Instagram di Google Play Store dan Apple App Store. Selanjutnya, cukup dengan membuka aplikasinya dan masuk ke menu Stories yang terpampang di sisi kiri atas layar. Kamu akan disodorkan beberapa pilihan mode pengambilan gambar yang ada dibawah tombol kamera. Mode “Live” terdapat di sisi kiri lalu geser ke kanan dan tekan tombol “Start Live Video” untuk memulai siaran broadcast secara live.

Berbeda dengan aplikasi live broadcast lainnya, Instagram nyatanya membatasi video penyiaran hanya sampai satu jam, sehingga kontennya lebih singkat semata mungkin dimaksudkan agar tidak membosankan. Ketika memulai Live Stories, pengikutnya maupun bukan pengikutnya akan diberi tahu sehingga bisa menyaksikan konten si akun yang sedang live. Saat live para penontonya bisa memberikan icon hati dan keleluasaan memberikan berkomentar.

Seiringan dengan diluncurkannya fitur Live Stories, Instagram pun menambahkan opsi “Top Live” di kolom “Explore” yang isinya akun-akun dengan pengikut banyak, dalam hal ini artis-artis dalam maupun luar negeri.

Begitulah cara baru bagaimana Instagram turut mengikuti tren masa kini di jagat maya agar tetap menjaga keeksistensiannya sebagai penyedia aplikasi share gambar dan video untuk sejuta umat.

You Might Also Like:

Tampilkan Komentar

Disqus Comments